dongeng

Assalamu`alaikum!!!

sekarang….kita….aha!kita bercerita,ya!CERITA DONGENG BERJUDUL…. :

 

 

“KISAH PAK BALA DAN RIKO”

 

Pada zaman dahulu,hiduplah seorang penggembala kambing bernama pak Bala dan anaknya Riko.Riko sangat rajin bekerja,ia tak pernah mengeluh saat bekerja,selain rajin bekerja,ia juga baik hati.Lain dengan anaknya,pak Bala saaaangat malas,saat bekerja,ada saja yg membuatnya kesal misalnya kambing yg susah disuruh makan,tangan yg rasanya mau copot ketika mencabut rumput untuk makanan kambing,dan masih banyak lagi.

Pada suatu hari Riko mencoba untuk menasihati ayahnya agar tak malas dalam bekerja karena ada beberapa pekerjaan yg tak bisa dilakukan olehnya dan hanya ayahnya yg tahu caranya,akhirnya kambing-kambing itu tak dapat menghasilkan susu.

“ayah,jangan malas kerja dong!!!kasian nih,kambingnya,ada pekerjaaan yg belum bisa aku lakukan,jadi tolong bantuin ya!”kata Riko seraya memelas sedikit merengek

Ayah pun menjawab dengan sangat kasar,”Riko!!!kamu itu nggak ada sopannya sama orang tua,ya!mendingan kamu pergi aja!nggak usah kesini lagi!!!!!!!!”

Riko sangat sedih mendengarnya,ia pun diusir oleh ayahnya sendiri.Sambil menangis,ia mengemas barang-barang dan bajunya di sebuah tas ransel miliknya.Setelah selesai mengemas barang-barang dan bajunya ia pun pamit dengan ayahnya.

“yah,Riko pamit.jaga kambingnya baik-baik ya,yah….”kata Riko dengan suara pelan

“ya pergi aja,ayah juga senang kok,kalo kamu pergi”

Hati Riko seperti ditusuk oleh jarum yg tajam saat mendengarnya.ia pun mulai melangkahkan kakinya tanpa arah,ia tak tahu harus kemana.Setelah berjam-jam berjalan,ia tetap melangkahkan kakinya sambil berharap,tuhan akan menolongnya.Setelah menempuh perjalanan panjang,akhirnya sampailah ia di sebuah kota yg ramai.Disana banyak orang berlalu-lalang,sepeda motor dan mobil pun turut berlalu-lalang.Ia tak tahu harus bekerja apa di kota ini.Di sebelah barat kota,terdapat sebuah pasar yg ramai.Ia berpikir keras…..aha!….akhirnya,ia memutuskan akan jadi pengangkut barang milik pembeli di pasar itu.Ia pun mulai melangkahkan kakinya ke pasar itu,lalu ia pun mulai menawarkan jasanya…

“Bu,capek membawa,bu?sama saya aja bu,Rp 2000 untuk 1 barang”kata Riko dengan sopan.

“Terima kasih,nak.ndak usah”

Riko tak putus asa,ia pun menawarkan kembali jasanya kepada orang lain…

“Bu,kalau capek mengangkat,saya aja bu,yg ngangkat.Rp 2000 untuk 1 barang”

“oh,silahkan….”kata seorang ibu menyodorkan kedua barangnya.

Yes!,Riko bersorak dalam hati.akhirnya ada menyuruhnya membawa barang!Riko pun menerima kedua barang itu dengan senang hati.Ia memang tak kenal lelah.

Sementara,ayah Riko di rumah jatuh sakit,sakitnya sangat aneh,beberapa kali ia memanggil dukun.Namun,hasilnya nihil,tak ada yg tahu penyakit apa yg diderita oleh pak Bala.Berita tentang pak Bala yg menderita sakit yg aneh akhirnya sampai di telinga Riko.Riko sangat menyesal,ia ingin sekali menyembuhkan sakit ayahnya.Tetapi,ia tak tahu,karena ia bukanlah seorang dokter yg mempunyai obat dan ramuan yg dapat menyembuhkan orang yg sakit.

Di rumah,tak ada yg dapat dilakukan oleh pak Bala.Ia hanya terbaring di kasurnya sambil menyesal karena telah mengusir Riko.Seandainya ia tak mengusir Riko,pasti sekarang ia sedang disuapi oleh Riko.Tanpa terasa,pak Bala menitikkan air mata,ia ingat hal-hal menyenangkan saat Riko masih kecil,saat itu ibu Riko belum meninggal.Ia ingat saat naik perahu bertiga(pak Bala,bu Bala,Riko) untuk mencari ikan agar dimasak oleh bu Bala,mereka mencari ikan dengan gembira.Sekarang,pak Bala saaaaangat menyesal telah mengusir Riko dari rumah.

Di kota,akhirnya Riko sepakat.Ia akan kembali ke rumahnya untuk menemani ayahnya,jika ia diusir kembali,ia tak akan pergi ke kota lagi,ia ingin menemani ayahnya selamanya di sini.Ia pun mengemas barang-barangnya,untuk makan,ia memakai uang hasil kerja kerasnya.setelah itu,Riko memulai perjalanannya,setelah lamaaaaaa sekali berjalan,akhirnya sampailah ia di sebuah gubuk kecil tempat ia dilahirkan.Dengan gemetar Riko memasuki pintu masuk gubuk,

“Asssalamu`alaiikumm….”kata Riko pelan

Sebuah suara yg lemah menjawab salamnya”wa`alaikumsalammm…”kata ayahnya,sambil berbaring,ia melanjutkan berkata”Riko?kau kah itu?Riko ke sini,ko…ayah menyesal telah mengusirmu…”

Mata Riko berbinar setelah mendengarnya”betulkah itu,yah?”

ayah berkata”ya,nak…”

ia pun masuk ke dalam gubuk itu sambil berkata”ayaaah….!!!!Riko kangen sama ayah!”

“ayah juga,nak…”senyum mengembang di bibir pak Bala,

Setelah Riko pulang ke rumah,pak Bala merasa penyakitnya telah sembuh,ia pun dapat beraktivitas kembali.Pak Bala sendiri bingung,kenapa ia bisa tiba-tiba sembuh?ternyata,kasih sayang seorang anak dapat manyembuhkan penyakit orang tuanya.

Sekarang,pak Bala berjanji tak akan malas lagi,kambingnya pun dapat menghasilkan susu kembali.Orang-orang turut senang dengan perubahan ini,sekarang,susu kambing mudah didapat.Semuanya berkat ketulusan hati RIKO…

 

SELESAI

 

 

7 responses to this post.

  1. banyak baca maka banyak tahu…….
    buku islami

    Balas

  2. Posted by aufa77 on Desember 12, 2010 at 7:25 am

    kak maaf ya adek dak bisa baca dongeng kakak soalnya…. banyak maaf ya kakanda….

    Balas

  3. Posted by aufa77 on Desember 6, 2010 at 12:25 pm

    kakak dak capek tuh..ngetik ceritanya?banyak banget tuh!!!!! kapan2 adek baca yah kalau sekarang gak ada waktu…..(sabar ya…)

    Balas

  4. Posted by ibu on November 29, 2010 at 2:17 am

    k’lala,,,,,,lagi belajar nulis cerita y,,,,pesan ibu si jangan nakal ja,,,,lainX k’lala nomor wahid deh,,,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: